By admin_zonakacamata  Article Published 18 March 2016
 
 
Mata adalah jendela hati. Mata juga jadi jendela dunia. Memiliki mata yang sehat tentu menjadi keinginan setiap orang. Pemeriksaan mata secara berkala misalnya minimal 6 bulan sekali penting dilakukan untuk mengetahui kesehatan mata kita. Namun demikian, sebaiknya kenali tanda-tanda ketika mata mulai bermasalah :

  1. Pandangan mendadak kabur. Pandangan tiba tiba kabur dan tidak bisa fokus. Keluhan ini tandanya lensa mata sedang bermasalah.

  2. Gangguan penglihatan secara tiba tiba dan munculnya seperti kilatan cahaya atau benda mengapung. Gangguan seperti ini terbilang cukup serius karena kemungkinan adanya robekan di retina mata, ablasi/pemisahan atau lubang pada retina. Gejala ini memerlukan diagnosa dan kontrol dokter spesialis mata supaya terhindar dari kebutaan.

  3. Penglihatan mulai buram dan sakit kepala. Hal ini disebabkan oleh karena konsentrasi tugas didepan komputer yang terlalu lama.

  4. Kesulitan membaca. Mata tidak bisa fokus dan dan terganggu melihat objek. Hal ini disebabkan oleh kekuatan lensa semakin lemah/berkurang.

  5. Salah melihat jarak. Tanda perlu menggunakan kaca mata salahs atunya adalah ketika melihat objek yang dekat harus dengan jarak jauh maupun sebaliknya.

  6. Mata mudah lelah. Terjadi ketika belum lama membaca, mata sudah lelah dan fokus terganggu.

  7. Sensitif terhadap cahaya. Kepekaan terhadap cahaya menjadi ukuran baik untuk mata. Jika mendadak sensitif dengan cahaya menunjukkan adanya gangguan serius.

  8. Menyipitkan mata. Seringnya menyipitkan mata untuk melihat sesuatu lebih jelas tanda perlu untuk memeriksakan mata.

  9. Mata berair. Mata sering berair meski tidak sedang bersedih atau tertawa karena perasaan senang.

  10. Periksa mata. Periksa secara berkala, setidaknya 2 tahun sekali.



Related Article